Tuesday, May 22, 2012

Instalasi WordPress Pada cPanel Hosting Berbayar


Instalasi WordPress Pada cPanel Hosting Berbayar

Setelah Anda menentukan nama domain dan memesan hosting pada perusahaan penyedia layanan jasa domain dan hosting, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah instalasi software pembuat website yang biasanya sudah ada dalam cpanel hosting, dalam bahasan ini tentang bagaimana cara instalasi wordpress pada cpanel hosting berbayar.
Prosedur instalasi wordpress pada cpanel hosting gratis dengan cpanel hosting berbayar hampir sama. Instalasi wordpress secara otomatis di cpanel free hosting bisa memakan waktu berhari-hari karena butuh konfirmasi dari admin free hosting tersebut karena itu instalasi secara manual sangat disarankan tetapi agak rumit.
Sebelum proses “ instalasi wordpress ” pada cpanel hosting dilakukan, Anda perlu login ke cpanel hosting terlebih dahulu. Cek email dari hosting provider untuk melihat username dan password Anda untuk login ke cpanel hosting. Pastikan Anda selalu mengingat username dan password ini, jangan sampai hilang  karena Anda akan sering mempergunakan.
Hal yang penting sebelum mendapatkan domain dan hosting baik gratis maupun berbayar adalah bagaimana menentukan nama domain dan memilih hosting. Selengkapnya tentang tips memilih nama domain dan memesan hosting dapat Anda baca di artikel Panduan Menentukan Nama Domain Dan Memilih Hosting.
Langkah-langkah Instalasi WordPress Pada cPanel Hosting Berbayar

Cara instalasi wordpress pada cpanel hosting untuk masing-masing hosting provider hampir sama. Pada contoh ini akan dibahas instalasi wordpress pada cpanel hosting dari JogjaHost. Berikut langkah-langkahnya :
Buka alamat cpanel hosting Anda (http://namadomain/cpanel), isi username dan password untuk login.
Klik Softaculous pada folder Software/ Services maka akan muncul beberapa program blog yang bisa diinstall dengan Softaculous dan salah satunya wordpress. Meskipun wordpress pada awalnya blog gratis dengan akhiran wordpress.com di belakang nama blog, misalnya www.bisnisonlineterpercaya.worpress.com, namun Anda bisa menghilangkan akhiran dengan menginstall di hosting berbayar sesuai nama domain Anda, misalnya www.bisnisonlineterpercaya.net.
Langkah berikutnya klik tombol WordPress pada Top Scripts untuk menampilkan halaman Softaculous tentang WordPress dan reviewnya. Klik Install jika Anda ingin langsung menginstall atau klik yang lain jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang wordpress.
Klik Install untuk melanjutkan proses setelah Anda mengisi data-data yang diminta, selanjutnya klik Finish Installation.
Hasil instalasi wordpress tersebut juga bisa diminta untuk dikirim ke email Anda. Simpan baik-baik isi email tentang data-data website yang telah Anda buat karena nantinya selalu digunakan untuk login ke admin website wordpress Anda yang baru.
Selanjutnya Anda akan melihat Hello World yaitu tampilan blog perdana Anda yang berisi tentang judul, deskripsi, halaman posting dan menu side bar untuk menampilkan link ke posting artikel Anda atau link ke blog lain.
Berikut ini setting dasar wordpress di Softaculous :

Anda harus masuk terlebih dahulu ke member area WordPress untuk mulai mengedit menu, instalasi plugins dan mengisi artikel.
Buka http://namadomainanda/wp-admin di browser Anda.
Isi user name dan password yang Anda buat pada saat instalasi wordpress dengan Softaculous untuk masuk ke Dashboard WordPress.
Klik menu Setting pada Dashboard Wordress kemudian klik Reading dengan setting Front page displays – Your latest posts, Blog pages show at most – 3 post, Syndication feeds show the most recent – 10 items, For each article in a feed – Full text, Encoding for pages and feeds – UTF-8, selanjutnya klik Save Changes
Klik menu Discussion untuk mengedit tampilan diskusi untuk menghindari pengunjung dengan komentar spam. Disini Anda sebagai moderator, komentar spam bisa Anda delete sementara komentar bukan spam bisa Anda approve. Default article setting dan other comment setting biarkan default. Yang perlu setting adalah Before a comment appears – An administrator must always approve the comment, selanjutnya klik Save Changes.
Klik menu Privacy untuk membuka blokir search engine. Setting Site Visibility – Allow search engines to index this site, selanjutnya klik Save Changes.
Klik Permalinks untuk setting link alamat postingan Anda nanti. Common setting – Post name, selanjutnya klik Save Changes.
Instalasi plugins untuk optimasi website wordpress Anda. Klik plugins untuk melihat plugins apa saja yang sudah terinstall. Sedikitnya ada 8 plugins dasar yang harus terinstall di WordPress cpanel hosting yaitu all-in-one-seo-pack, maxblogpress-ping-optimizer, google-sitemap-generator, searchterms-tagging, seo-alrp, go-codes, w3-total-cache, google-analytics-for-wordpress. Jika plugins tersebut belum terinstall di WordPress cpanel hosting, Anda bisa download dari www.wordpress.org atau ketik nama plugins di Search Installed Plugins kemudian instal.
Jika Anda ingin mengetahui selengkapnya tentang pembahasan cara instalasi wordpress pada cpanel hosting, memasang plugin-plugin recommended, setting dan mengisi konten yang SEO friendly, strategi mendatangkan pengunjung dan bagaimana cara mengoptimalkan sebuah website yang efektif sampai menghasilkan, silakan kunjungi Website WordPress Pemula.
Website wordpress menerapkan sistim open source dimana pengguna memiliki hak penuh untuk mengatur dan merancang sendiri websitenya, sehingga instalasi wordpress sangat menguntungkan. Saatnya bagi Anda untuk meraih kesuksesan dan memajukan dunia internet marketer Indonesia. Jadikan website wordpress bagian dari kesuksesan Anda di bisnis online.
Ingat, Anda adalah Arsitek untuk masa depan Anda sendiri !

1 comment: