Wednesday, June 6, 2012

Tips n Tricks Bagaimana Menerima Pembayaran dari Amazon?


Saat menerima pembayaran alias gajian adalah momen paling menggembirakan. Apalagi kalau jumlah yang akan diterima nilainya lumayan. Meski senang, kadang-kadang urusan duit ini cukup merepotkan. Apalagi untuk menerima pembayaran fee affiliate dari Amazon.
Hingga saat ini ada tiga cara pembayaran yang disediakan Amazon, yaitu gift card, transfer bank, dan cek. Kebetulan saya pernah mencoba semua metode pembayaran tersebut.
Tulisan ini mungkin akan bermanfaat buat yang belum pernah mendapat bayaran dari Amazon, atau bisa juga bagi yang ingin tahu bagaimana menarik fee dari Amazon ke bank di Amerika Serikat. Cerita ini menggunakan kasus Amazon USA.

Amazon Gift Card

amazon gift cardCara ini paling mudah dan fleksibel. Bentuk yang akan kita terima adalah semacam voucher belanja yang hanya bisa dipakai untuk membeli barang di situs Amazon.
Keuntungan Gift card ini, minimum pembayaran hanya $10 dan akan dikirim dikirim lewat e-mail setiap akhir bulan jika earning yang didapat melewati angka tersebut.
Penggunaan gift card, yaitu dengan menginput kode yang tertera di sana ke account Amazon (bukan affiliate) jika mau dipakai sendiri. Gift card ini tidak ada batas waktu, baik sebelum dan setelah diklaim ke account Amazon kita.
Karena namanya gift card, dia bisa diberikan kepada orang lain sebagai hadiah. Bisa juga dijual kepada mereka yang memerlukan. Kalau nilainya lumayan besar, saya suka titip teman untuk menjualkan di forum-forum.
Sayangnya, gift card ini hanya bisa dijual dengan harga diskon. Banyak orang kini menawarkan gift card mereka pada harga Rp. 6000-7000 saja per dolar.
Penggunaan gift card cocok bagi mereka yang kesulitan mendapat batas minimum pencairan lewat cek sebesar $100. Bisa juga buat menjajal kecanggihan sistem belanja online Amazon. Beberapa kali saya menggunakan gift card ini untuk beli barang disana.

Cek Amazon

Pembayaran lewat cek merupakan cara lain untuk menerima pembayaran dari Amazon. Seperti disinggung tadi, batas mnimalnya adalah $100 dolar. Jadi kalau earning kita belum mencapai angka itu, cek belum akan dikirim.
Pembayaran dengan cek ini ribet dan memakan waktu lama. Jika dihitung dari saat batas minimum tercapai (misal akhir Desember 2011 lebih dari $100), maka cek tersebut baru akan diterbitkan oleh Amazon pada akhir Februari.
Paling cepat cek tersebut diterima 2 minggu kemudian dan bisa jadi memakan waktu lebih lama. Celakanya, setelah itu masih harus ditambah satu bulan lagi untuk proses pencairan di bank.
Jadi dibutuhkan waktu sekitar 3,5 bulan sampai earning yang didapat Desember 2011 berubah jadi duit beneran. :(
cek amazon affiliate
Selain soal waktu, kerugian lainnya kita harus membayar biaya pencairan cek tersebut kepada bank tempat kita mencairkannya. Pengalaman saya di Bank Mandiri biayanya $30 dan harus dibayar di muka dengan rupiah.
Kita juga harus punya rekening tabungan di bank bersangkutan. Jadi sebaiknya tukarkan cek Amazon di bank di mana kita punya rekening tabungan di situ. Dan satu lagi, biasanya cek hanya bisa dicairkan di kantor cabang utama di kota tersebut.
Pengiriman cek Amazon ini sering bermasalah, misalnya tidak diterima hingga satu bulan lebih. Untuk kasus ini kita bisa meminta re-issue, tapi saya sendiri belum pernah mengalaminya.
Hal lain yang perlu diperhatikan, pengiriman cek ini menggunakan jasa pos biasa (makanya gratis). Celakanya, karena tidak tahu isinya cek, tukang pos menganggap ini bukan sesuatu yang berharga. Pernah cek Amazon saya cuma diselipin di pagar rumah!
Jadi usahakan kenalan sama tukang posnya, supaya tidak kejadian cek Amazon hilang diterbangkan angin atau kehujanan.

Transfer Bank

Pembayaran langsung ke rekening bank cara gajian dari Amazon paling nyaman, bebas biaya, dan batas minimalnya juga hanya $10. Sayangnya, cara ini hanya bisa dilakukan ke rekening bank di USA sana.
Saya menggunakan cara ini karena kebetulan ada saudara yang sedang sekolah di Amerika. Kita hanya perlu memasukkan: Bank Name, Bank Account Holder Name, Bank Account Type, Bank Account Number dan Routing Number / ABA Number.

1 comment:

  1. Fokus di Amazon dapat menambah penghasilan tambahan, bahkan bisa menjadikan sumber penghasilan utama.
    Bagi yang ingin belajar internet marketing seperti Amazon, Click Bank, atau menjual produk sendiri, bisa belajar di sini :
    http://www.asianbrain.com/letter.html/304267

    ReplyDelete