Wednesday, June 6, 2012

Tips n Triks Bagaimana Merangsang Pengunjung Blog Belanja di Amazon?


tips affiliate amazonBlog harus memiliki senjata untuk menarik pengunjung sekaligus punya daya tarik untuk membujuk orang agar pergi ke situs Amazon dan berbelanja di sana. Lalu dari mana daya tarik sebuah blog didapat?
Senjata utama blog adalah konten, konten, dan konten. Kumpulan konten bermanfaat yang disajikan tepat waktu akan memberikan kekuatan pada sebuah blog. Berikut beberapa tips bagaimana menghasilkan konten yang bisa merangsang minat orang berbelanja di toko Amazon:
1. Bantu pengunjung blog membuat keputusan
Banyak orang memanfaatkan internet untuk menggali sebanyak mungkin informasi sebelum mereka berbelanja. Mereka akan mencari berbagai macam keterangan sebelum mengambil keputusan membeli sebuah produk. Blog yang baik akan membantu mereka menentukan putusan mana yang harus dibeli.
2. Bantu menentukan mana yang lebih baik
Calon pembeli selalu dihadapkan pada banyak pilihan. Mereka pasti ingin tahu produk mana yang lebih baik dan sesuai kebutuhan masing-masing. Blog yang baik akan membantu konsumen memilih mana produk yang lebih unggul.
3. Bantu menemukan perbedaan
Seringkali satu produk dengan produk lainnya memiliki banyak persamaan. Banyak produk dari produsen yang sama dirilis dengan seri-seri yang berurutan. Orang pasti ingin tahu apa perbedaan dari model terbaru dengan yang sebelumnya. Atau merek ini versus yang itu. Blog yang baik akan membantu melihat perbedaan tersebut.
4. Bantu berdasarkan lokasi
Banyak produsen elektronik yang menjual produk berdasarkan wilayah: Amerika, Eropa, Asia, dan kadang-kadang per negara. Barang-barang tersebut dipasarkan dengan tipe/kode produk yang berbeda. Blog yang baik akan membantu konsumen dimana mereka bisa mendapatkan produk tersebut.
5. Bantu mencari yang lebih murah
Tidak semua orang punya banyak duit dan menubruk produk baru berapapun harganya. Banyak konsumen yang konservatif, mereka sangat selektif dan lebih menekankan fungsi sebuah produk. Bantulah mereka menemukan penawaran yang lebih rendah.
Kadang-kadang semua unsur tadi harus ada pada sebuah posting di blog ketika kita mempromosikan produk Amazon. Tetapi saya sering juga hanya menyodorkan salah satu, misalnya hanya memberikan informasi mengenai barang-barang yang sedang dijual dengan diskon besar (deals).
Lalu bagaimana kita bisa membantu orang membuat keputusan padahal bisa jadi kita sendiri belum memegang produknya? Cara yang saya pilih adalah mengutip review dari blog-blog terkenal. Harap dicatat, mengutip beda dengan menjiplak (copy paste), karena kita hanya mengambil sedikit poin-poin penting dengan merujuk dan menyebutkan sumber yang dikutip tersebut.
Sedangkan untuk menentukan mana yang lebih baik, salah satu caranya dengan melihat produk bestseller di Amazon, melihat rating dan jumlah review dari konsumen lain yang telah membeli produk tersebut. Kita hanya perlu menyatakan bahwa penilian bahwa produk A lebih baik dari produk B berdasarkan kriteria tersebut.
Menyajikan perbedaan juga termasuk cara ampuh untuk medapatkan pembeli Amazon. Caranya masuk ke website resmi sebuah produk. Kalau elektronik biasanya ada tools untuk membandingkan antar produk. Bisa juga menggunakan situs lain yang menyediakan fitur comparison.
Hal terakhir, supaya memenangkan kompetisi di search engine, buatlah artikel yang unik dan tidak terlalu pendek. Sisanya, tinggal kreativitas masing-masing dalam membuat posting sehingga mampu meyakinkan pengunjung blog.

No comments:

Post a Comment